Pages

Senin, 08 Februari 2016

Halaman Pengaturan Blogger


 Halaman Pengaturan Blogger

Mungkin sebagian dari sahabat/i blogger pemula ada yang belum pernah membuka halaman pengaturan blogger, dan mungkin juga ada sebagian yang belum mengenal menu pengaturan blogger.
Sebagai blogger pemula yang masih dalam tahap belajar, sebaiknya explor / jelajahi saja semua menu yang ada pada dasbor blogger, dan kalau perlu buat sebuah blog yang khusus untuk sarana belajar, yang walau nantinya blog tersebut jadi berantakan tidak menjadi beban atau masalah, karena blog tersebut bukan blog utama sahabat/i.
Apa saja sih yang ada pada menu pengaturan blogger?
Ada banyak pengaturan blog yang ada pada menu pengaturan blogger, walau mungkin tidak semua pengaturan harus kita rubah, namun tidak ada salahnya juga untuk mengenal pengaturan – pengaturan yang ada pada blogger.

Semua Menu Pengaturan Blogger

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa ada banyak pengaturan blogger yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita, menu pengaturan tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Dasar
  2. Pos dan komentar
  3. Email
  4. Bahasa dan pemformatan
  5. Preferensi penelusuran
  6. Alat blog
Nah itulah 6 pengaturan yang ada pada blogger, yang mana masing – masing item memiliki pengaturan lanjutan dengan fungsi yang berbeda – beda.
Menu Pengaturan Blogger
Menu Pengaturan Blogger
Ok, saya akan coba jelaskan secara singkat masing – masing pengaturan tersebut.
Pengaturan Dasar
Di sini kita dapat mengatur judul blog, deskripsi blog, serta privasi blog tersebut (pada pengaturan privasi ini kita dapat menentukan apakah blog tersebut ingin tercantum dalam daftar blog blogger atau tidak, serta kita juga dapat menentukan apakah mesin pencari seperti Google atau Yahoo dapat menemukan blog tersebut atau tidak).
Pada pengaturan dasar juga terdapat pengaturan alamat blog, yang mana bagian ini bisa kita gunakan untuk mengganti alamat blog kita menjadi alamat / domain yang kita inginkan, misalnyanya domain com, net, web.id, mapun domain berbayar lainnya, atau bisa juga menggunakan domain gratisan.
Setelan HTTPS, ini untuk mengatur apakah blog kita dibuka menggunakan http atau https.
Pada bagian Izin, kita dapat menambahkan pengarang / penulis lainnya yang dapat mengisi blog tersebut, serta kita juga dapat menentukan apakan blog tersebut dapat dibaca oleh publik (secara umum) atau orang – orang tertentu saja.
Pengaturan Pos dan komentar
Pos, pada bagian ini terdapat beberapa pengaturan :
Tampilkan sebanyak mungkin : Tentukan berapa banyak artikel yang akan ditampilkan pada halaman awal blog kita.
Templat Entri : Dapat kita gunakan untuk menyimpan kode – kode yang mengkin diperlukan dalam menulis artikel, template entri ini akan selalu ada setiap kita membuat artikel baru, dan dapat kita hapus saat membuat artikel tersebut.
Tampilkan gambar dengan Lightbox : Untuk menentukan apakah gambar yang ada pada artikel akan ditampilkan dengan Lightbox atau tidak.
Komentar, sama halnya dengan Pos, bagian ini juga memiliki beberapa pengaturan yang bisa kita sesuaikan sesuai keinginan. Pengaturan tersebut meliputi lokasi komentar, siapa saja yang dapat memberi komentar, moderasi komentar, menampilkan verifikasi kata atau tidak, menampilkan tautan balik atau tidak, serta pesan formulir komentar yang bisa kita gunakan untuk menambahkan sebuah pesan / tulisan pada formulir komentar.
Pengaturan Email
Pada pengaturan email ini kita bisa membuat pengaturan agar kita bisa membuat posting / artikel / entri menggunakan email, tentukan alamat email blog tersebut sesuai keinginan sahabat/i, dan nantinya sahabat/i bisa mengirim artikel melewati email tersebut, dan jangan lupa untuk mengatur apakan artikel yang dikirim ke email tersebut langsung diterbitkan atau mau disimpan sebagai draf dahulu.
Email Notifikasi Komentar : Untuk menentukan alamat email yang akan menerima pemberitahuan komentar baru pada blog tersebut.
Email entri ke : Ini seperti Broadcast (BC) yang dapat digunakan untuk mengirim artikel secara masal kepada semua alamat email yang kita masukkan ke dalam kolom tersebut.
Pengaturan Bahasa dan pemformatan
Pada bagian ini kita dapat mengatur bahasa untuk blog tersebut, zona waktu, format header tanggal (tanggal yang biasanya berada sebelum judul / di atasnya), format timestamp, serta format stempel waktu komentar.
Selain itu terdapat juga pengaturan Aktifkan transliterasi, ini bukan untuk translate tapi untuk mereka yang menggunakan format tulisan dari kanan ke kiri, seperti bahasa arab.
Pengaturan Preferensi penelusuran
Di sini merupakan pengaturan untuk optimasi seo blog kita, tapi bukan berarti semua cara untuk optimasi seo blog kita ada di sini ya, ini hanya sebagian saja.
Tag meta Deskripsi, tulisa meta tag deskripsi untuk halaman awal / home blog kita, meta tag deskripsi diperlukan untuk optimasi seo blog kita, nanti setelah kita selesai menyimpan meta tag deskripsi untuk halaman awal blog kita, maka pada formulir pembuatan artikel akan bertambah satu alat yaitu meta tag deskripsi, yang mana meta tag deskripsi pada formulir pembuatan pos / entri tersebut untuk setiap khusus untuk setiap artikel / entri yang kita buat.
Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemuka, di sini kita dapat menambahkan pesan / tulisan khusus untuk halaman yang tidak ditemukan / error, atau sering dikenal sebagai halaman 404.
Pengalihan Khusus : Apabila sebelumnya kita sudah memiliki blog, dan blog tersebut ingin kita arahkan / alihkan ke blog yang kita setting ini, maka gunakan pengaturan ini.
robots.txt khusus : untuk membuat / mengatur robots.txt sendiri secara khusus
Tag tajuk robot khusus : untuk menambahkan meta tag robot pada blog kita.
Khusus bagian robots.txt dan Tag tajuk robot khusus sebaiknya jangan dirubah jika merasa tidak tahu caranya.
Pengaturan Alat blog
Pada bagian ini terdapat menu yang dapat kita gunakan untuk Impor blog (memasukkan semua artikel dari sebuah blog menggunakan berkas .xml), Ekspor blog (untuk membuat backup semua artikel yang ada pada blog tersebut menjadi sebuah berkas .xml yang nantinya dapat kita impor ke blog lain atau sebagai cadangan saja), serta Hapus blog.
Izinkan Umpan Blog : untuk menentukan panjang artikel yang ada pada Feed blog kita.
Posting URL Pengubahan Arah Feed : apabila memiliki alamat feed lain untuk blog tersebut maka kita bisa merubah alamat feed blog kita dengan alaman feed lain tersebut.
Footer Feed Posting : Kita dapat menambahkan tulisan dibawah setiap posting pada feed blog.
Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran : Apabila mengaktivkan fitur ini maka pada formulir pembuatan artikel / entri akan bertambah alat Tautan Judul (untuk menentukan tautan untuk judul entri, bisa menggunakan tautan eksternal), dan Tautan Lampiran.
ID Properti Web Analytics : untuk memasukkan ID Google Analitics blog tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar